Monday, November 19, 2007

Sport Menejemen



Materi Presentasi Sport Menejemen
29 Oktober - 19 November 2007
Program Pasca Sarjana UNJ


Rangkuman Kegiatan Perkuliahan Bagian Pertama ( I )

Rangkuman Kegiatan Perkuliahan Berdasarkan Skala Prioritas Dalam Penguasaan Materi Pada Mata Kuliah Sport Menejemen
  1. Apa itu Industri Olahraga?
  2. Apa yang dimaksudkan dengan bisnis “sport” dibandingkan dengan bisnis “sports”?
  3. Apa itu menejemen olahraga?
  4. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan industri olahraga?
  5. Deskripsikan tiga segmen utama dari industri olahraga, berikan contoh.
  6. Masalah-masalah yang perlu diperhatikan dalam pembayaran kerjasama internasional
  7. Kemampuan khusus apa yang harus dimiliki orang yang berperan menjalin kerjasama internasional.
  8. Perbedaan utama dalam hubungan sosial budaya dan tingkah laku
  9. Sebutkan 8 faktor yang mempengaruhi peningkatan dan pengembangan sport industri
  10. Urutan langkah dalam proses penelitian dan jelaskan!
  11. Kategori sumber-sumber informasi. Deskripsikan sumber-sumber tersebut dan berikan contoh!
  12. Apakah defenisi dari Sport Marketing? Bandingkan dengan defenisi yang anda ketahui.
  13. Apa itu model menejemen Sport Marketing?
  14. Apa itu (Sport) Marketing Mix?
  15. Deskripsikan istilah 4C / 4P / 7P dari (Sport) Marketing?
  16. Apa itu Penelitian Pemasaran? Mengapa hal itu penting?
  17. Apa tujuan dari Penelitian Pemasaran?
  18. Apa ukuran dalam mendesain sebuah penelitian dan menentukan kesesuaian data agar valid dan bisa dipergunakan?
  19. Apa yang biasanya ditanyakan tentang siapa? Berikan contoh!
  20. Urutan langkah dalam proses penelitian dan jelaskan!
  21. Kategori sumber-sumber informasi. Deskripsikan sumber-sumber tersebut dan berikan contoh!

Presentasi Kelima

  1. Presentasi pertama
  2. Presentasi kedua
  3. Presentasi ketiga
  4. Presentasi keempat
  5. Presentasi kelima

PENELITIAN PEMASARAN

Pertanyaan-pertanyaan:

· Apa itu Penelitian Pemasaran? Mengapa hal itu penting?

· Apa tujuan dari Penelitian Pemasaran?

· Apa ukuran dalam mendesain sebuah penelitian dan menentukan kesesuaian data agar valid dan bisa dipergunakan?

· Apa yang biasanya ditanyakan tentang siapa? Berikan contoh!

· Urutan langkah dalam proses penelitian dan jelaskan!

· Kategori sumber-sumber informasi. Deskripsikan sumber-sumber tersebut dan berikan contoh!

Kepentingan Penelitian

· Pengetahuan adalah dasar dari setiap strategi proses pengambilan keputusan.

· Informasi yang kualitas tinggi – kesempatan besar dalam membuat keputusan yang tepat.

· Informasi harus akurat (reliabel / valid), aktual, spesifik / fleksibel.

Penelitian Sport Marketing

· Penelitian Sport Marketing adalah proses dari merencanakan, mengumpulkan, dan menganalisa data untuk (1) memperbesar relevansi informasi yang dibutuhkan atau mengatasi masalah dan menginformasikan keputusan dalam bisnis olahraga; dan, (2) memperkaya kurikulum Sport Marketing sebagai bagian dari bidang pelajaran.

Tujuan Penelitian Sport Marketing

· Membentuk jaringan antara konsumen industri olahraga dan perusahaan olahraga.

· Mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang pemasaran, pemasalahan-permasalahan dan tantangan-tantangannya.

· Menghasilkan, menyaring, mengevaluasi dan memonitor kegiatan pemasaran

· Memonitor performansi pemasaran.

· Meningkatkan pemahaman akan pemasaran sebagai sebuah proses.

· Menganalisa dan memahami perusahaan olahraga, industrinya, dan pesaingnya.

Apa yang ditanyakan?

· Siapa

· Apa

· Kapan

· Dimana

· Mengapa

· Bagaimana

Tentang Siapa?

· Perusahaan

· Konsumen

· Pesaing

· Iklim

Siapa …… Konsumen

· Siapa konsumen kita?

· Siapa konsumen pesaing kita?

· Siapa yang akan menjadi konsumen kita yang ke-10 / 1000 / 1 juta?

Apa ……. Konsumen

· Apa yang disukai/diinginkan/dihasratkan konsumen kita?

· Apa yang tidak disukai konsumen kita?

· Apa yang membuat konsumen bersedia untuk membayar?

Kapan …… Konsumen

· Kapan konsumen ingin membeli produk?

· Kapan konsumen dapat membayar?

· Kapan seharusnya kita mengiklankan produk kita?

Dimana …… Konsumen

· Dimana konsumen tetap kita?

· Dimana konsumen potensial kita?

Mengapa …… Konsumen

· Mengapa konsumen menginginkan produk?

· Mengapa konsumen ingin membayar harga khusus?

Bagaimana ……. Konsumen

· Bagaimana konsumen menggunakan produk?

· Bagaimana cara konsumen membayar produk tersebut?

Siapa ……. Perusahaan

· Siapa yang bekerja untuk kita?

· Siapa yang memegang pengambil keputusan?

Apa ……. Perusahaan

· Apa yang dilakukan perusahaan kita?

· Apa yang dapat dilakukan perusahaan kita?

· Bagaimana status keuangan perusahaan kita?

Kapan …….. Perusahaan

· Kapan perusahaan kita dapat menawarkan produk?

· Kapan perusahaan kita harus dibayar?

· Kapan seharusnya perusahaan kita melakukan pengiklanan?

Dimana …….. Perusahaan

· Dimana perusahaan kita berlokasi?

Mengapa ……. Perusahaan

· Mengapa perusahaan kita menawarkan pelayanan ini?

· Mengapa perusahaan kita tidak menawarkan pelayanan ini?

Bagaimana …….. Perusahaan

· Bagaimana perusahaan kita dapat menawarkan produk?

· Bagaimana tingkat penjualan produk dari perusahaan kita?

Siapa ……. Pesaing

· Siapa pesaing kita?

Apa ……. Pesaing

· Apa yang dilakukan pesaing kita?

· Seperti apa bentuk iklan pesaing kita?

· Bagaimana status keuangan pesaing kita?

· Bagaimana harga produk pesaing kita?

Kapan …….. Pesaing

· Kapan pesaing kita menawarkan produknya?

Dimana ……. Pesaing

· Dimana lokasi pesaing kita?

Mengapa …….. Pesaing

· Mengapa pesaing kita menawarkan pelayanan khusus?

Bagaimana …….. Pesaing

· Bagaimana keberadaan kita dibandingkan dengan pesaing kita?

· Apa yang menjadi perbedaan antara kita dan pesaing?

· Bagaimana pesaing kita menawarkan produknya?

Bagaimana ……. Iklim

· Siapa yang dapat mempengaruhi ekonomi?

· Siapa yang dapat mempengaruhi hukum?

Apa ……. Iklim

· Bagaimana ekonomi kita ke depan?

· Bagaimana aspek hukum mempengaruhi perusahaan saya?

Kapan …….. Iklim

· Kapan sebuah peraturan baru menjadi begitu mempengaruhi?

· Kapan pemilihan/pemilu berikutnya?

Dimana ……… Iklim

· Bilamana kemunduran ekonomi akan menjadi sebuah pukulan telak?

Mengapa ……. Iklim

· Apakah kemunduran ekonomi mengenai area perusahaan kita?

Bagaimana ……. Iklim

· Bagaimanakah ekonomi pada tiga tahun ke depan?

· Bagaimana peraturan baru mempengaruhi perusahaan saya?

Proses Perancangan Penelitian Pemasaran

· Menentukan tujuan atau permasalahan

· Mengalokasikan keberadaan data yang relevan

· Menetapkan rancangan penelitian

· Memimpin proses belajar

· Menganalisa data

· Menentukan bagaimana menggunakan pengetahuan baru

Bagaimana menempatkan daya yang relevan.

· Sumber utama

- Internal

§ Survei, observasi, dll.

- Eksternal

§ Perwakilan Pemasaran, Penelitian Universitas, dll.

· Sumber sekunder

- Internal

§ Laporan departemen.

- Eksternal

§ Perhimpunan industri, pemerintah, organisasi non profit/LSM, universitas.

Menetapkan Rancangan Penelitian

Memperbanyak pilihan percobaan yang reliabel dan rancangan yang disetujui

Memperoleh pilihan yang valid dari rancangan yang tepat

· Survei Penelitian

· Fokus Kelompok

· Observasi

· Penelitian Ilmiah

Terima Kasih!

Jangan ragu-ragu untuk bertanya

Presentasi Keempat

  1. Presentasi pertama
  2. Presentasi kedua
  3. Presentasi ketiga
  4. Presentasi keempat
  5. Presentasi kelima

TINJAUAN PEMASARAN

Pertanyaan-pertanyaan:

· Apakah defenisi dari Sport Marketing? Bandingkan dengan defenisi yang anda ketahui.

· Apa itu model menejemen Sport Marketing?

· Apa itu (Sport) Marketing Mix?

· Deskripsikan istilah 4C / 4P / 7P dari (Sport) Marketing?

Defenisi Sport Marketing

· Sport marketing adalah proses perancangan dan pengimplementasian kegiatan-kegiatan produksi, penentuan harga, promosi dan distribusi dari produk olahraga untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dan untuk mencapai tujuan perusahaan.*

*Pitts/Stotlar

Defenisi Sport Marketing

· Sport Marketing berisikan semua kegiatan yang dirancang untuk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen olahraga melalui sebuah proses perubahan. Sport Marketing dikembangkan menjadi dua bidang utama yaitu: Pemasaran Produk dan Jasa Olahraga secara langsung ke konsumen olahraga, dan Industri Produk dan Jasa Olahraga melalui promosi pemakaian produk olahraga.*

*Mullin/Hardy/Sutton

Mengapa Sport Marketing itu penting?

· Sport Marketing merupakan salah satu fungsi paling penting dari bisnis olahraga. Hal ini karena kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Sport Marketing biasanya identik dengan kegiatan bisnis.

Apa yang menjadi perhatian seorang Sport Marketing?

· Seorang Sport Marketing mempelajari perilaku konsumen, apa yang mereka beli, berapa biaya yang mereka bayarkan, dimana mereka memesan produk dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh teknik dan bahasa promosi yang dipakai.

Beberapa cara mempelajari perilaku konsumen:

· Survei

· Observasi

· Uji coba penjualan

· Panel konsumen

Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang Sport Marketing?

· Seorang Sport Marketing harus mampu mengenali dan menganalisa lingkungan bisnisnya, menentukan pengaruh tersebut dalam usahanya dan mengambil keputusan strategis yang akan meningkatkan kesuksesan dari perusahaannya.

Apa yang harus dipelajari seorang Sport Marketing?

· 4”C” dari Sport Marketing

- Consumer (Konsumen)

- Competitor (Pesaing)

- Company (Perusahaan)

- Climate (Iklim Usaha)

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang konsumen?

· Demografis

· Psikografis

· Gaya hidup

· Geodemographics

· Perilaku pembeli

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang pesaingnya?

· Industri dan tempat usaha

· Perbedaan produk

· Strategi harga

· Status perusahaan

· Strategi promosi

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang perusahaannya?

· Misi dan tujuan

· Kekuatan keuangan

· Produksi

· Menejemen produk

· Tujuan dan strategi penentuan harga

· Strategi distribusi

· Strategi promosi

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang iklim usaha?

· Ekonomi

· Legalisasi

· Sosial dan budaya

· Politik

· Kesusilaan

· Tren usaha

· Teknologi

· Pendidikan

· Komunitas

· Badan hukum

Apa yang harus dilakukan seorang Sport Marketing

· 4 (7) “P” dari Pemasaran :

- Product (produk)

- Price (harga)

- Place (tempat)

- (Physical evidance) (tanda/petunjuk fisik)

- (People) (konsumen)

- (Process) (proses)

- Promotion (promosi)

Pemarasan Produk

· Seorang Sport Marketing harus mempelajari tentang konsumen dan pesaingnya dengan tujuan untuk menjadikan/memposisikan produknya sebagai produk yang paling dibutuhkan dan diinginkan konsumen.

· Seorang Sport Marketing harus dapat menjamin bahwa produknya memiliki banyak keuntungan bagi konsumen.

Penetapan Harga

· Seorang Sport Marketing harus dapat menjamin bahwa harga yang dibayarkan konsumen sebagai nilai dari produk adalah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang dicari konsumen.

· Metode lainnya:

- Orientasi pasar

- Orientasi biaya

Strategi Harga

· Berdasarkan pada situasi pasar dan produk, ada beberapa pilihan strategis:

- Peluncuran

- Perkenalan

- Perbedaan

- Vasiasi

- Strategi harga rendah / menengah / tinggi

Menentukan tempat dari pasar

· Penentuan tempat atau sering disebut jalur distribusi membutuhkan pengetahuan mengenai jenis produk, bagaimana mendapatkan produk tersebut bagi konsumen, bagaimana mengirimkan produk itu ke konsumen melalui jalur distribusi yang lebih efisien dan efektif.

· Pendistribusian produk ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat akan mengurangi gangguan fisik.

Tanda Fisik

· Tanda fisik adalah petunjuk yang dapat dilihat/diraba dari pelayanan produk, seperti rancangan dan konstruksi fasilitas serta tampilan estetikanya secara umum.


Proses

· Proses merepresentasikan berjalannya fungsi pengoperasian dan pemasaran dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap waktu penyampaian pelayanan dan tingkat kualitas yang diberikan.

Konsumen

· Orang akan menyampaikan apa yang mereka rasakan dan tiap orang berbeda dalam merasakan faktor kualitas dari produk.

Bagaimana mempromosikan produk

· Bahasa promosi yang disampaikan (lewat promosi) seorang Sport Marketing harus dapat menarik perhatian konsumen, mendidik atau menyampaikan pesan dan membujuk konsumen untuk membeli.

· Promosi mengkomunikasikan kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen melalui pemasangan iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan, mensponsori kegiatan/organisasi, public relations dan pengajuan ijin.

Beberapa Metode Promosi

· Pengiklanan melalui surat langsung

· Pengiklanan melalui televisi dan radio

· Pengiklanan melalui majalah dan koran

· Penjualan khusus

· Ketentuan harga khusus

· Layanan pelanggan yang memuaskan

· “Backpack events”

· Mensponsori kegiatan

· Hadiah dalam produk

Model Menejemen Sport Marketing

· Misi

· Penelitian dan Analisis

- 4C

· Segmentasi

· Penentuan Target Pasar

· Strategi dan Sport Marketing Mix

- 4 / 7 P

· Strategi Menejemen Pemasaran

- Pelaksanaan / Menejemen / Evaluasi

Terima Kasih!

“Jangan ragu untuk bertanya!”

Presentasi Ketiga

  1. Presentasi pertama
  2. Presentasi kedua
  3. Presentasi ketiga
  4. Presentasi keempat
  5. Presentasi kelima


PENDEKATAN INTERNASIONAL


Pertanyaan-pertanyaan:

· Masalah-masalah yang perlu diperhatikan dalam pembayaran kerjasama internasional

· Kemampuan khusus apa yang harus dimiliki orang yang berperan menjalin kerjasama internasional

· Perbedaan utama dalam hubungan sosial budaya dan tingkah laku

Pasar internasional dari peralatan olahraga

· Nilai pasar US$ 85,66 milyar dollar (2005)

· Pertumbuhan tahunan 5%

· Pembagian pangsa pasar dunia

- Eropa 44,4%

- USA 25,4% (nilai Impor US$ 10 milyar; Ekspor US$ 2 milyar)

- Asia-Pasifik 21,8%

· Perusahaan dunia yang memproduksi sepatu olahraga

- Nike 32%

- Reebok

- Adidas

Apa yang khusus dari International Marketing?

· Logistik / Distribusi

· Bea cukai

· Perusahaan / industri dunia

· Keuangan tingkat dunia

· Penjualan langsung

· Sumber daya manusia

Struktur perusahaan / usaha tingkat dunia

· Perusahaan pengimpor barang

· Perusahaan pengekspor barang

· Perusahaan pengekspor barang melalui perusahaan perdagangan

· Perusahaan modal bersama

· Perusahaan milik sendiri

Masalah-masalah keuangan

· Perbankan

- Transfer antar bank?

- Bank lokal atau asing?

- Bagaimana proses pengiriman uang ditangani?

- Bagaimana penanganan atas transaksi dengan beberapa kurs mata uang berbeda?

- Seberapa bagus tingkat nilai tukarnya?

· Kurs mata uang

- Orang lebih suka melakukan pembayaran dengan kurs mata uang terendah

- Orang lebih suka dibayar dengan kurs mata uang tertinggi

- Pegawai ….. kurs mata uang vs standar hidup

· Kejadian “The Thai bath” waktu Asian Games Bangkok.

Bagaimana menyelesaikan masalah-masalah keuangan

· Ketentuan kontrak

· Jika memungkinkan hanya memakai kurs mata uang anda

· Latih diri anda untuk lebih pandai

· Pilih bank yang cukup dikenal yang memiliki departemen transaksi internasional

· Selalu mencoba segala sesuatu

Peraturan-peraturan perdagangan

· Ketentuan Umum Perdagangan dan Tarif / General Agreement on Tariffs and Trade (GATT; 124 anggota)

· Ketentuan Perdagangan Bebas Amerika Utara / North American Free Trade Agreement (NAFTA; Amerika, Kanada, Meksiko)

· Ketentuan Perdagangan Bebas Amerika Tengah / Central American Free Trade Agreement (CAFTA)

· Perhimpunan Masyarakat Eropa / European Union (UE; Negara-negara eropa barat sampai Skandinavia dan eropa timur)

· Embargo (Amerika – Kuba; dll)

· Daerah-daerah perdagangan Bebas

Peraturan-peraturan lainnya

· Peraturan-peraturan tentang Keselamatan Kerja

· Peraturan-peraturan tentang Asuransi

· Peraturan Tenaga Kerja / Keamanan Sosial / Pajak

· Sistem Hukum secara Umum

Perbedaan dalam Pasar

· Konsumen

· Pesaing

· Iklim

(Sesi berikutnya)

“untuk menyeimbangkan hal ini, sebagian besar perusahaan mendapatkan bantuan dari para ahli”

Pitts/Stotlar, The Fundamentals of Sport Marketing; Hal 48


Jepang, Cina, Asia

· Jepang

- Pasar yang stabil

- Kurs mata uang stabil

- Proteksi yang kuat

· Cina

- Segmen pasar yang besar 1,26 juta jiwa (22%0

- Peraturan yang rumit

· Asia

- Pasar yang heterogen

- Pasar dengan tingkat produksi tinggi

Eropa

· Eropa Barat

- Kurs yang kuat dan stabil

- Pasar yang stabil

- Pengurangan hambatan perdagangan

· Eropa Timur

- Kurs yang tidak stabil

- Pasar yang bertumbuh

- Masih dalam proses untuk mengurangi hambatan perdagangan

- Ketidaksabilan politik

Karibia, Amerika Tengah / Selatan

· Karibia

- Pengurangan hambatan perdagangan dengan dibantu Amerika

- Banyaknya kesepakatan dengan negara-negara eropa

· Amerika Tengah

- Perdagangan tingkat tinggi dengan Amerika

- Pasar yang bertumbuh

· Amerika Selatan

- Krisis dalam negeri

- Inflasi tinggi

Afrika

· Afrika Utara

- Islam tapi sangat berbeda dengan Indonesia!!!

- Tradisional

· Afrika Barat

- Pemulihan ekonomi

- Tertinggal dalam pembangunan

· Afrika Selatan

- Pasar yang tumbuh cepat

- Peluang dalam beragam pasar

- Kurs rendah

Perorangan

· Pasar Amerika Serikat

- Sangat homogen

- Satu bahasa

· Sisa pasar di dunia

- Wilayah lebih kecil

- Banyak bahasa

- Banyak lokasi/wilayah dengan karakteristik spesifik

- Perbedaan agama dan keyakinan

(usaha memasuki pasar yang belum dikenal tanpa dukungan para pakar, akan menyebabkan kegagalan)

Kebudayaan / Agama / Sosial

· Perayaan hari keagamaan

· Hari libur nasional

· Hari libur biasa / resmi

· Jarak / hubungan

· Perbandingan jumlah pria dan wanita

· Jenis kelamin

· Alamiah / natural

· Kesehatan

· Minuman / Alkohol

· Obat-obatan

· Prostitusi

Kebudayaan / Agama / Sosial

· Jadwal dan waktu

· Bakat

· Etika bisnis

- Pakaian

- Urusan bisnis / waktu luang

- Bahasa perdagangan

Terima Kasih!

“Jangan ragu untuk bertanya!”