Monday, November 19, 2007

Presentasi Kedua

  1. Presentasi pertama
  2. Presentasi kedua
  3. Presentasi ketiga
  4. Presentasi keempat
  5. Presentasi kelima

BISNIS INDUSTRI OLAHRAGA

Pertanyaan-pertanyaan:

Apa itu Industri Olahraga?

Apa yang dimaksudkan dengan bisnis “sport” dibandingkan dengan bisnis “sports”?

Apa itu menejemen olahraga?

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan industri olahraga?

Deskripsikan tiga segmen utama dari industri olahraga, berikan contoh.

Industri

Suatu industri adalah pasar dengan produk yang sama atau sejenisnya yang dijual untuk pembeli.

Produk dapat berupa, barang, layanan, orang, tempat, atau ide.

Industri Olahraga

Industri olahraga adalah pasar dimana usaha dan produk ditawarkan kepada pembelinya adalah kegiatan olahraga, dan bisa berupa barang, layanan, orang, atau ide.

Contoh Produk dalam Industri Olahraga

Partisipasi

Hiburan

Peralatan dan pakaian

Promosi produk

Fasilitas olahraga

Penelitian marketing olahraga

Menejemen pelayanan

„Sport“ and „Sports“

„Sport“ – tidak sama dengan „Sports“ mendiskripsikan suatu kegiatan berhubungan dengan pengalaman atau perusahaan bisnis yang berbegerak dalam bidang kebugaran, rekreasi, jenis olahraga, olahraga kepariwisataan, dan hobi yang terkait.

„Sports“ didiskripsikan (terbatas) pada kesatuan dari kegiatan olahraga seperti Golf, Sepak Bola, Basket, dll.

Bisnis Olahraga

Kata olahraga digunakan dalam bidang menejemen perusahaan olahraga dan hubungannya dengan industri perusahaan olahraga adalah sebgai pengertian umum yang digunakan untuk menunjukkan orang, aktifitas, pengusaha, dan organisasi yang terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan atau menyelenggarakan suatu kegiatan , perusahaan yang bergerak dalam bidang kebugaran, rekreasi, olahraga, olahraga kepariwisataan atau hobi terkait.

Menejemen Olahraga

Menejemen olahraga mempelajari dan melatih orang, kegiatan, pengusaha atau organisasi yang terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan dan menyelenggarakan usaha kegiatan atau produk yang berkaitan dengan olahraga.

Seberapa pentingkah Industri Olahraga? Contoh: Amerika


Seberapa pentingkah Industri Olahraga? Contoh: Tingkat penghasilan, hak pembayaran, merchandise, hubungan sponsor

Faktor-faktir yang mempengaruhi pertumbuhan industri bisnis olahraga

Orang

Aktifitas dan kegiatan olahraga : Olahraga, rekreasi, kebugaran, olahraga kepariwisataan, hobi.

Produk olaraga

Fasilitas, kesehatan/pengobatan olahragaFacilities, dan pelatihan kebugaran

Komersialisasi dan pemasaran olahraga

Bisnis layanan industri olahraga yang profesional

Industri olahraga, media, dan media olahraga

Pendidikan industri olahraga

Faktor “Orang”

Ketertarikan yang konstan terhadap olahraga dan rekreasi

Partisipan olahraga

Perlengkapan dan pakaian

Penonton olahraga

Faktor sosial

Faktor “Orang”

Pengingkatan bisnis olahraga dalam segmen pasar yang berbeda

Geografis wilayah

Negara

Kecacatan jasmani

Agama / kepercayaan

Profesi kerja

Jenis kelamin

Politik

Ras / kewarganegaan

Umur

Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “

Pertumbuhan yang tetap dalam jumlah dan jenis yang berbeda dari olahraga baru, rekreasi, dan aktifitas kebugaran.

Trend baru

Perbedaan

Perkembangan yang tetap

Penggunaan kegiatan olahraga sebagai tujuan pemasaran

Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “

Pertumbuhan yang tetap dalam penawaran Olahraga Tradisional

Konsep baru organisasi

Peningkatan fleksibilitas waktu

Peningkatan fasilitas

Spesilisasi pada konsumen tertentu

Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “

Pertumbuhan yang tetap dalam jumlah dan jenis tingkat olahraga profesional, kebugaran, dan aktifitas rekreasi

Pertumbuhan yang tetap dari kegiatan ”sportstainment“

Pertumbuhan pasar dan pemahaman pasar

Pertambahan aktifitas media yang mendukung kegiatan olahraga

Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “

Peningkatan dari olahraga-kepariwisataan dan produk untuk petualangan-perjalanan

Peningkatan dalam jumlah dan bentuk

Peningkatan jumlah travel agent yang terorganisir

Peningkatan jumlah penonton

Faktor: „Produk Olahraga“

Peningkatan desain pakaian olahraga sesuai pasar yang berbeda dan permintaannya.

Perbedaan dalam kelompok konsumen

Perbedaan dalam harga dan kualitas

Nilai lebih dari produk

Faktor: „Produk Olahraga“

Pengaruh teknologi terhadap produk, layanan dan pelatihan yang terkait dengan olahraga

Performansi produk yang tinggi memberikan peluang yang lebih baik

Perbaikan standar baju dan pakaian membuat kegiatan olahraga semakin terasa nyaman.

Ide bisnis baru sebagai “computer based assistance

Faktor: „Fasilitas, Kesehatan Olahraga, dan Pelatihan Kebugaran“

Peningkatan dalam jumlah dan jenis fasilitas dan kegiatan olahraga

Bertambahnya jumlah fasilitas memungkinkan meningkatnya kegiatan olahraga

Bertambahnya fasilitas olahraga dengan berbagai tujuan membuat kegiatan olahraga menjadi lebih fleksibel

Faktor: „Fasilitas, Kesehatan Olahraga, dan Pelatihan Kebugaran“

Peningkatan secara tetap dalam jumlah dan tipe kesehatan olahraga dan layanan pelatihan kebugaran

Meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan

Kemampuan membuat program untuk profesional muda

Peningkatan masa atletis untuk kesehatan yang lebih baik

Faktor: „ Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Olahraga sebagai sebuah hiburan

Berdasarkan kenyamanan

„Sebelum-“, dan „sesudah “ pertunjukkan/kegiatan olahraga

Penekanan olahraga untuk memenuhi fungsinya sebagai hiburan

Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Peningkatan pemasaran dan orientasinya dalam bisnis industri olahraga

Olahraga diatur lebih dari bisnis

Orintasi konsumen

Peruhaban peran untuk membuat olahraga dapat diterima pasar

Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Peningkatan pemahaman dan pengetahuan konsumen akan industri bisnis olahraga

Pengaruh gandan dari penelitian konsumenDouble impact of consumer studies

Program pendidikan

Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Pertumbuhan sponsorhip perusahaan

Membangun opini pasar

Makin banyak sponsor makin baik

Pemilihan kelompoh yang spesifik

Keterlibatan agen

Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Meningkatnya dukungan

Peningkatan ruang bagi produk yang terkait dengan kegiatan olahraga

Dukungan Personal

Dukungan tim

Dukungan penuh dari perusahaan/organisasi

Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“

Peningkatan kepentingan dari perijinan dan merchandise

Meningkatkan jumlah produk

Meningkatnya kebutuhan untuk melindungi brand olahraga

Strategi baru dalam merchandise

Factor: „Sport Industry Professional Service Business“

Pertumbuhan yang tinggi dalam layanan untuk industri olahraga

Perwakilan resmi

Layanan keuangan

Konsultasi

Penelitian

Pemasaran

Keagenan

Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“

Keuntungan industri olahraga bagi media massa

Pengaruh telivisi terhadap kesadaarn akan olahraga

Meningkatkanya pengaruh dari iklan

Saluran olahraga

Nilai lebih dari layanan internet

Factor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“

Aktifitas dan kegiatan olahraga sebagai produk hiburan yang populer

Bertambahnya jumlah penonton

Aktifitas keluarga

Pandangan masyarakat

Factor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“

Peningkatan yang tetap dari televisi dan jangkauan radio

Bertambahnya stasiun-stasiun penyiaran publik

Meningkatnya ketertarikan untuk memenangkan kejuaraan

Meningkatnya pembayaran kegiatan di televisi

Pembayaran untuk waktu penyiaran sebagai salah satu alat pemasaran dari perhimpunan olahraga

Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“

Bertambahnya jumlah dan jenis majalah, penjualan majalaj dan jurnal akedemis yang tersedia bagi olahraga

Banyaknya jenis majalah olahraga

Penyemangatan dan pendidikan konsumen

Informasi penting bagi pemasaran dan para ahli olahraga

Meningkatnya perhatian khusus pada olahraga dalam majalah gaya hidup

Meningkatnya perhatian akademisi lewat publikasi tulisan

Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“

Internet dan media baru lainnya

Edutainment (Podcast)

Saluran distribusi

Aktifitas B2B

Kegiatan penyiaran

Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“

Peningkatan dalam olahraga dan pendidikan bisnis olahraga bagi eksekutif, administrator, atlit, personil lainnya

Bertambahnya kategori bidang pendidikan

Bertambahnya jumlah layanan pendidikan

Bertambahnya jumlah organisasi olahraga dalam pasar pendidikan olahraga

Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“

Meningkatnya kompetensi dari menejemen bisnis olahraga yang profesional

Meningkatnya lulusan program sarjana, magister dan doktoral

Meningkatnya jumlah penyelenggaraan konferensi internasional

Pertumbahan program penerbitan dan penelitian

Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“

Meningkatnya pemerataan dari menejemen olahraga sebagai suatu disiplin ilmu dan lapangan pekerjaan

Peningkatan jumlah program Amerika, Eropa dan Asia

Khusus olahraga – menejemen, - pemasaran, - ekonomi

Tingkat lulusan yang menganggur dari Sport Economics and Sport Management“ program di German Sports University Cologne, satu tahun setelah kelulusan : <5%

Sport Industry Segment Model

Sport Industry Segment Model

Terima Kasih!

Jangan Ragu Untuk Bertanya.

No comments: