BISNIS INDUSTRI OLAHRAGA
Pertanyaan-pertanyaan:
•Apa itu Industri Olahraga?
•Apa yang dimaksudkan dengan bisnis “sport” dibandingkan dengan bisnis “sports”?
•Apa itu menejemen olahraga?
•Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan industri olahraga?
•Deskripsikan tiga segmen utama dari industri olahraga, berikan contoh.
Industri
•Suatu industri adalah pasar dengan produk yang sama atau sejenisnya yang dijual untuk pembeli.
•Produk dapat berupa, barang, layanan, orang, tempat, atau ide.
Industri Olahraga
•Industri olahraga adalah pasar dimana usaha dan produk ditawarkan kepada pembelinya adalah kegiatan olahraga, dan bisa berupa barang, layanan, orang, atau ide.
Contoh Produk dalam Industri Olahraga
•Partisipasi
•Hiburan
•Peralatan dan pakaian
•Promosi produk
•Fasilitas olahraga
•Penelitian marketing olahraga
•Menejemen pelayanan
„Sport“ and „Sports“
•„Sport“ – tidak sama dengan „Sports“ mendiskripsikan suatu kegiatan berhubungan dengan pengalaman atau perusahaan bisnis yang berbegerak dalam bidang kebugaran, rekreasi, jenis olahraga, olahraga kepariwisataan, dan hobi yang terkait.
•„Sports“ didiskripsikan (terbatas) pada kesatuan dari kegiatan olahraga seperti Golf, Sepak Bola, Basket, dll.
Bisnis Olahraga
•Kata olahraga digunakan dalam bidang menejemen perusahaan olahraga dan hubungannya dengan industri perusahaan olahraga adalah sebgai pengertian umum yang digunakan untuk menunjukkan orang, aktifitas, pengusaha, dan organisasi yang terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan atau menyelenggarakan suatu kegiatan , perusahaan yang bergerak dalam bidang kebugaran, rekreasi, olahraga, olahraga kepariwisataan atau hobi terkait.
Menejemen Olahraga
•Menejemen olahraga mempelajari dan melatih orang, kegiatan, pengusaha atau organisasi yang terlibat dalam memproduksi, memfasilitasi, mempromosikan dan menyelenggarakan usaha kegiatan atau produk yang berkaitan dengan olahraga.
Seberapa pentingkah Industri Olahraga? Contoh: Amerika
Seberapa pentingkah Industri Olahraga? Contoh: Tingkat penghasilan, hak pembayaran, merchandise, hubungan sponsor
Faktor-faktir yang mempengaruhi pertumbuhan industri bisnis olahraga
•Orang
•Aktifitas dan kegiatan olahraga : Olahraga, rekreasi, kebugaran, olahraga kepariwisataan, hobi.
•Produk olaraga
•Fasilitas, kesehatan/pengobatan olahragaFacilities, dan pelatihan kebugaran
•Komersialisasi dan pemasaran olahraga
•Bisnis layanan industri olahraga yang profesional
•Industri olahraga, media, dan media olahraga
•Pendidikan industri olahraga
Faktor “Orang”
•Ketertarikan yang konstan terhadap olahraga dan rekreasi
–Partisipan olahraga
–Perlengkapan dan pakaian
–Penonton olahraga
–Faktor sosial
Faktor “Orang”
•Pengingkatan bisnis olahraga dalam segmen pasar yang berbeda
–Geografis wilayah
–Negara
–Kecacatan jasmani
–Agama / kepercayaan
–Profesi kerja
–Jenis kelamin
–Politik
–Ras / kewarganegaan
–Umur
Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “
•Pertumbuhan yang tetap dalam jumlah dan jenis yang berbeda dari olahraga baru, rekreasi, dan aktifitas kebugaran.
–Trend baru
–Perbedaan
–Perkembangan yang tetap
–Penggunaan kegiatan olahraga sebagai tujuan pemasaran
Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “
•Pertumbuhan yang tetap dalam penawaran Olahraga Tradisional
–Konsep baru organisasi
–Peningkatan fleksibilitas waktu
–Peningkatan fasilitas
–Spesilisasi pada konsumen tertentu
Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “
•Pertumbuhan yang tetap dalam jumlah dan jenis tingkat olahraga profesional, kebugaran, dan aktifitas rekreasi
–Pertumbuhan yang tetap dari kegiatan ”sportstainment“
–Pertumbuhan pasar dan pemahaman pasar
–Pertambahan aktifitas media yang mendukung kegiatan olahraga
Faktor: „Aktifitas dan Kegiatan “
•Peningkatan dari olahraga-kepariwisataan dan produk untuk petualangan-perjalanan
–Peningkatan dalam jumlah dan bentuk
–Peningkatan jumlah travel agent yang terorganisir
–Peningkatan jumlah penonton
Faktor: „Produk Olahraga“
•Peningkatan desain pakaian olahraga sesuai pasar yang berbeda dan permintaannya.
–Perbedaan dalam kelompok konsumen
–Perbedaan dalam harga dan kualitas
–Nilai lebih dari produk
Faktor: „Produk Olahraga“
•Pengaruh teknologi terhadap produk, layanan dan pelatihan yang terkait dengan olahraga
–Performansi produk yang tinggi memberikan peluang yang lebih baik
–Perbaikan standar baju dan pakaian membuat kegiatan olahraga semakin terasa nyaman.
–Ide bisnis baru sebagai “computer based assistance”
Faktor: „Fasilitas, Kesehatan Olahraga, dan Pelatihan Kebugaran“
•Peningkatan dalam jumlah dan jenis fasilitas dan kegiatan olahraga
–Bertambahnya jumlah fasilitas memungkinkan meningkatnya kegiatan olahraga
–Bertambahnya fasilitas olahraga dengan berbagai tujuan membuat kegiatan olahraga menjadi lebih fleksibel
Faktor: „Fasilitas, Kesehatan Olahraga, dan Pelatihan Kebugaran“
•Peningkatan secara tetap dalam jumlah dan tipe kesehatan olahraga dan layanan pelatihan kebugaran
–Meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan
–Kemampuan membuat program untuk profesional muda
–Peningkatan masa atletis untuk kesehatan yang lebih baik
Faktor: „ Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Olahraga sebagai sebuah hiburan
–Berdasarkan kenyamanan
–„Sebelum-“, dan „sesudah “ pertunjukkan/kegiatan olahraga
–Penekanan olahraga untuk memenuhi fungsinya sebagai hiburan
Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Peningkatan pemasaran dan orientasinya dalam bisnis industri olahraga
–Olahraga diatur lebih dari bisnis
–Orintasi konsumen
–Peruhaban peran untuk membuat olahraga dapat diterima pasar
Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Peningkatan pemahaman dan pengetahuan konsumen akan industri bisnis olahraga
–Pengaruh gandan dari penelitian konsumenDouble impact of consumer studies
–Program pendidikan
Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Pertumbuhan sponsorhip perusahaan
–Membangun opini pasar
–Makin banyak sponsor makin baik
–Pemilihan kelompoh yang spesifik
–Keterlibatan agen
Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Meningkatnya dukungan
–Peningkatan ruang bagi produk yang terkait dengan kegiatan olahraga
–Dukungan Personal
–Dukungan tim
–Dukungan penuh dari perusahaan/organisasi
Faktor: „Komersialisasi dan Pemasaran Olahraga“
•Peningkatan kepentingan dari perijinan dan merchandise
–Meningkatkan jumlah produk
–Meningkatnya kebutuhan untuk melindungi brand olahraga
–Strategi baru dalam merchandise
Factor: „Sport Industry Professional Service Business“
•Pertumbuhan yang tinggi dalam layanan untuk industri olahraga
–Perwakilan resmi
–Layanan keuangan
–Konsultasi
–Penelitian
–Pemasaran
–Keagenan
Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“
•Keuntungan industri olahraga bagi media
–Pengaruh telivisi terhadap kesadaarn akan olahraga
–Meningkatkanya pengaruh dari iklan
–Saluran olahraga
–Nilai lebih dari layanan internet
Factor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“
•Aktifitas dan kegiatan olahraga sebagai produk hiburan yang populer
–Bertambahnya jumlah penonton
–Aktifitas keluarga
–Pandangan masyarakat
Factor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“
•Peningkatan yang tetap dari televisi dan jangkauan radio
–Bertambahnya stasiun-stasiun penyiaran publik
–Meningkatnya ketertarikan untuk memenangkan kejuaraan
–Meningkatnya pembayaran kegiatan di televisi
–Pembayaran untuk waktu penyiaran sebagai salah satu alat pemasaran dari perhimpunan olahraga
Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“
•Bertambahnya jumlah dan jenis majalah, penjualan majalaj dan jurnal akedemis yang tersedia bagi olahraga
–Banyaknya jenis majalah olahraga
–Penyemangatan dan pendidikan konsumen
–Informasi penting bagi pemasaran dan para ahli olahraga
–Meningkatnya perhatian khusus pada olahraga dalam majalah
–Meningkatnya perhatian akademisi lewat publikasi tulisan
Faktor: „Industri olahraga, media, and media olahraga“
•Internet dan media baru lainnya
–Edutainment (Podcast)
–Saluran distribusi
–Aktifitas B2B
–Kegiatan penyiaran
Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“
•Peningkatan dalam olahraga dan pendidikan bisnis olahraga bagi eksekutif, administrator, atlit, personil lainnya
–Bertambahnya kategori bidang pendidikan
–Bertambahnya jumlah layanan pendidikan
–Bertambahnya jumlah organisasi olahraga dalam pasar pendidikan olahraga
Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“
•Meningkatnya kompetensi dari menejemen bisnis olahraga yang profesional
–Meningkatnya lulusan program sarjana, magister dan doktoral
–Meningkatnya jumlah penyelenggaraan konferensi internasional
–Pertumbahan program penerbitan dan penelitian
Faktor: „Pendidikan Industri Olahraga“
•Meningkatnya pemerataan dari menejemen olahraga sebagai suatu disiplin ilmu dan lapangan pekerjaan
–Peningkatan jumlah program Amerika, Eropa dan
–Khusus olahraga – menejemen, - pemasaran, - ekonomi
–Tingkat lulusan yang menganggur dari „Sport Economics and Sport Management“ program di German Sports University
Sport Industry Segment Model
Sport Industry Segment Model
Terima Kasih!
Jangan Ragu Untuk Bertanya.
No comments:
Post a Comment