Monday, November 19, 2007

Presentasi Keempat

  1. Presentasi pertama
  2. Presentasi kedua
  3. Presentasi ketiga
  4. Presentasi keempat
  5. Presentasi kelima

TINJAUAN PEMASARAN

Pertanyaan-pertanyaan:

· Apakah defenisi dari Sport Marketing? Bandingkan dengan defenisi yang anda ketahui.

· Apa itu model menejemen Sport Marketing?

· Apa itu (Sport) Marketing Mix?

· Deskripsikan istilah 4C / 4P / 7P dari (Sport) Marketing?

Defenisi Sport Marketing

· Sport marketing adalah proses perancangan dan pengimplementasian kegiatan-kegiatan produksi, penentuan harga, promosi dan distribusi dari produk olahraga untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dan untuk mencapai tujuan perusahaan.*

*Pitts/Stotlar

Defenisi Sport Marketing

· Sport Marketing berisikan semua kegiatan yang dirancang untuk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen olahraga melalui sebuah proses perubahan. Sport Marketing dikembangkan menjadi dua bidang utama yaitu: Pemasaran Produk dan Jasa Olahraga secara langsung ke konsumen olahraga, dan Industri Produk dan Jasa Olahraga melalui promosi pemakaian produk olahraga.*

*Mullin/Hardy/Sutton

Mengapa Sport Marketing itu penting?

· Sport Marketing merupakan salah satu fungsi paling penting dari bisnis olahraga. Hal ini karena kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Sport Marketing biasanya identik dengan kegiatan bisnis.

Apa yang menjadi perhatian seorang Sport Marketing?

· Seorang Sport Marketing mempelajari perilaku konsumen, apa yang mereka beli, berapa biaya yang mereka bayarkan, dimana mereka memesan produk dan bagaimana mereka dipengaruhi oleh teknik dan bahasa promosi yang dipakai.

Beberapa cara mempelajari perilaku konsumen:

· Survei

· Observasi

· Uji coba penjualan

· Panel konsumen

Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang Sport Marketing?

· Seorang Sport Marketing harus mampu mengenali dan menganalisa lingkungan bisnisnya, menentukan pengaruh tersebut dalam usahanya dan mengambil keputusan strategis yang akan meningkatkan kesuksesan dari perusahaannya.

Apa yang harus dipelajari seorang Sport Marketing?

· 4”C” dari Sport Marketing

- Consumer (Konsumen)

- Competitor (Pesaing)

- Company (Perusahaan)

- Climate (Iklim Usaha)

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang konsumen?

· Demografis

· Psikografis

· Gaya hidup

· Geodemographics

· Perilaku pembeli

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang pesaingnya?

· Industri dan tempat usaha

· Perbedaan produk

· Strategi harga

· Status perusahaan

· Strategi promosi

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang perusahaannya?

· Misi dan tujuan

· Kekuatan keuangan

· Produksi

· Menejemen produk

· Tujuan dan strategi penentuan harga

· Strategi distribusi

· Strategi promosi

Apa yang harus diketahui seorang Sport Marketing tentang iklim usaha?

· Ekonomi

· Legalisasi

· Sosial dan budaya

· Politik

· Kesusilaan

· Tren usaha

· Teknologi

· Pendidikan

· Komunitas

· Badan hukum

Apa yang harus dilakukan seorang Sport Marketing

· 4 (7) “P” dari Pemasaran :

- Product (produk)

- Price (harga)

- Place (tempat)

- (Physical evidance) (tanda/petunjuk fisik)

- (People) (konsumen)

- (Process) (proses)

- Promotion (promosi)

Pemarasan Produk

· Seorang Sport Marketing harus mempelajari tentang konsumen dan pesaingnya dengan tujuan untuk menjadikan/memposisikan produknya sebagai produk yang paling dibutuhkan dan diinginkan konsumen.

· Seorang Sport Marketing harus dapat menjamin bahwa produknya memiliki banyak keuntungan bagi konsumen.

Penetapan Harga

· Seorang Sport Marketing harus dapat menjamin bahwa harga yang dibayarkan konsumen sebagai nilai dari produk adalah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang dicari konsumen.

· Metode lainnya:

- Orientasi pasar

- Orientasi biaya

Strategi Harga

· Berdasarkan pada situasi pasar dan produk, ada beberapa pilihan strategis:

- Peluncuran

- Perkenalan

- Perbedaan

- Vasiasi

- Strategi harga rendah / menengah / tinggi

Menentukan tempat dari pasar

· Penentuan tempat atau sering disebut jalur distribusi membutuhkan pengetahuan mengenai jenis produk, bagaimana mendapatkan produk tersebut bagi konsumen, bagaimana mengirimkan produk itu ke konsumen melalui jalur distribusi yang lebih efisien dan efektif.

· Pendistribusian produk ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat akan mengurangi gangguan fisik.

Tanda Fisik

· Tanda fisik adalah petunjuk yang dapat dilihat/diraba dari pelayanan produk, seperti rancangan dan konstruksi fasilitas serta tampilan estetikanya secara umum.


Proses

· Proses merepresentasikan berjalannya fungsi pengoperasian dan pemasaran dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap waktu penyampaian pelayanan dan tingkat kualitas yang diberikan.

Konsumen

· Orang akan menyampaikan apa yang mereka rasakan dan tiap orang berbeda dalam merasakan faktor kualitas dari produk.

Bagaimana mempromosikan produk

· Bahasa promosi yang disampaikan (lewat promosi) seorang Sport Marketing harus dapat menarik perhatian konsumen, mendidik atau menyampaikan pesan dan membujuk konsumen untuk membeli.

· Promosi mengkomunikasikan kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen melalui pemasangan iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan, mensponsori kegiatan/organisasi, public relations dan pengajuan ijin.

Beberapa Metode Promosi

· Pengiklanan melalui surat langsung

· Pengiklanan melalui televisi dan radio

· Pengiklanan melalui majalah dan koran

· Penjualan khusus

· Ketentuan harga khusus

· Layanan pelanggan yang memuaskan

· “Backpack events”

· Mensponsori kegiatan

· Hadiah dalam produk

Model Menejemen Sport Marketing

· Misi

· Penelitian dan Analisis

- 4C

· Segmentasi

· Penentuan Target Pasar

· Strategi dan Sport Marketing Mix

- 4 / 7 P

· Strategi Menejemen Pemasaran

- Pelaksanaan / Menejemen / Evaluasi

Terima Kasih!

“Jangan ragu untuk bertanya!”

No comments: